Selasa, 29 Maret 2016

Menentukan Ide Penelitian Lanjutan

Apa itu Penelitian Replikasi?

Sedikit saya review pemaparan dosenku tadi, ada beberapa jenis penelitian replikasi, ada replikasi 100%, replikasi konseptual dan replikasi plus. Replikasi 100% yaitu mengikuti prosedur sepatuh mungkin dengan studi acuan, kalau di jurnal replikasi 100% dibuktikan sebelum replikasi plus. Sedangkan, Replikasi konseptual yaitu replikasi dengan prosedur yang berbeda dengan studi acuan, misalnya menggunakan definisi operasional yang berbeda. Untuk penelitian tesisku nantinya adalah replikasi plus, yaitu mengkritik desain pembuktian teori di jurnal, atau melakukan penelitian seperti jurnal acuan dengan mengangkat fitur budaya Indonesia atau mencari boundary conditions dengan kekhususan gejala serupa di Indonesia.

Seperti yang saya paparkan sebelumnya, Replikasi Plus (RP) bukan studi baru namun studi yang mengkritik atau memfollow up temuan studi acuan. Teori yang akan digunakan dalam penelitian thesis adalah sama dengan teori studi acuan. Desain penelitian pun juga mempertahankan desain studi acuan. Misalkan
Desain studi acuan              : 2 x 3, maka
RP 1                                     : 2 x 3 x 2 (moderator) , atau
RP 2                                     : 1 (dikontrol) x 3 x 2 (moderator), atau
RP 3                                      : 1 (dikontrol) x 3 x 2 (moderator) -> mediator


Mengapa menambahkan variabel moderator bukan variabel mediator?

Variabel Mediator telah banyak dipakai, analisis datanya menggunakan SEM, model yang diperoleh seringkali ‘dipercayakan’ pada software, tanpa rasional yang masuk akal.
Maka dari itu ditawarkan untuk menambahkan variabel moderator karena dengan  menambahkan Variabel moderator bisa diukur dan bisa dimanipulasi. Bisa menguji hipotesis jurnal yang berdasarkan teori ‘Barat’ tersebut kemudian akan dibandingkan dengan hipotesis baru berdasar rasional kita. Harapnya dengan Repliksi plus yang telah dilakukan bisa memunculkan teori baru sebagai pembuktian kesalahan teori ‘ Barat‘.

Bagaimana hipotesis untuk penelitian tesis nantinya?

Hipotesis penelian ada 2, satu hipotesis  penelitian yang sama dengan hipoteis jurnal acuan (Replikasi 100%) dan satu yang berbeda dari studi acuan (Replikasi Plus).

Kemudian dosen menjelaskan lagi, tahapan persiapan untuk menyajikan ide replikasi plus

Pertama. Pilih satu artikel jurnal yang ditawarkan oleh dosen untuk kelas Psikologi Sosial. Pilih yang ada minati, tentukan satu studi yang akan direplikasi (selain studi 1), berdiskusilan dengan dosen pembimbing yang menawarkan artikel.

Kedua. Tulis narasi atau presentasi studi acuan yang mencakup, gejala Indonesia yang bisa jadi ilustrasi, nyatakan hipotesis dan rasionalnya, metode (bagan) dan temuan penting, mengkritik desain pembuktian teori, mencari boundary condition dengan situasi atau fitur budaya Indonesia.

Ketiga. Tulis Ide replikasi plus dan desain Anda.

- Semangat Megaaa.. Semangaaat.. *kepala mulai puyeng

Oke tahap pertama dilakukan,  

Memilih satu artikel jurnal.
Ini beberapa artikel yang ditawarkan, lengkap dengan inisial dosen pembimbing (cukup saya tulis topiknya saja yaaaa...)

1. Sikap pengorbanan individu dalam sebuah kelompok
2. Atribusi dalam kelompok
3. Berbicara pada diri sendiri sebagai mekanisme regulasi diri
4. Efek lirik lagu terhadap sikap pro sosial
5. Peran regulasi diri ketika rasa ketertarikan terhadap pasangan mulai menurun
6. Efek nama pada sebuah kelompok
7. Berfikir mengenai perspektif ketuhanan

Sebenarnya tertarik topik 5 karena bisa nyambung dengan topik KDRT yang memang spesialisasiku dan yang aku tulis pada saat daftar LPDP, sayangnya sudah di plot teman. Tak apalah aku pilih topik 3, agak sulit memang karena dari sekian artikel jurnal, artikel topik 3 ini yang terdiri dari 6 studi – paling banyak dan paling tebal 20 halaman – yang lainnya kisaran 6 -11 halaman.

Saya pilih topik 3 karena masih menyangkut dengan mekanisme regulasi diri yang mungkin nantinya bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan pada perempuan korban kekerasan yang saya dampingi. Supaya tetap sinkron dengan rencana studi yang saya tawarkan pada LPDP.

1 komentar:

  1. bagus infonya mbk, semoga saya juga bisa melewati thesis ini
    oh iya jangan lupa mampir di novanrp.blogspot.com

    BalasHapus